June 19, 2021

Selayang Pandang

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berkembang secara pesat dewasa ini serta memperhatikan tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap layanan pendidikan yang prima, membuat dunia pendidikan pun harus bergerak cepat untuk mengimbangi tuntutan kebutuhan tersebut. Hal inilah yang menjadi dasar acuan bagi Universitas Negeri Manado untuk melaksanakan berbagai perubahan, termasuk pendirian program studi Ilmu Hukum.

 Program Studi Ilmu Hukum merupakan salah satu program studi yang berada dalam lingkup Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado. Dimana salah satu dasar pendirian dari program studi Ilmu Hukum ini, dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa sebagai Entrepreneur University maka Universitas Negeri Manado harus memiliki kepekaan yang tinggi terhadap perubahan yang terjadi dalam lingkungan eksternal. Termasuk untuk menyediakan sarana kebutuhan pendidikan dalam bidang ilmu murni di bidang hukum bagi masyarakat Sulawesi Utara dan menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.  

Program Studi Ilmu Hukum mempunyai tanggung jawab untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional yang dibutuhkan dalam pembangunan khususnya dibidang hukum. Program studi ilmu hukum Fakultas Ilmu Sosial dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi, dibantu satu orang Sekretaris program studi dan satu orang Kepala Lab. Ratusan mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.